Layanan
Bimbingan Informasi - Bidang Sosial
Kelas / Semester
X (Sepuluh) / Genap
Materi Pokok
Tips Menyesuaikan Diri Di Sekolah
1. Tujuan Layanan
1.1. Siswa dapat memahami lingkungan dan teman baru di sekolah1.2. Siswa dapat menyesuaikan diri dengan lingkungan sekolah.
2. Metode, Alat dan Media
2.1. Metode : Video Based Learning, Games2.2. Alat dan Media : Laptop, Smartphone, Plotagon, dan Youtube
3. Langkah-langkah kegiatan pembelajaran
3.1. Identify:a. Pembimbing mulai menyampaikan materi layanan mengenai bagaimana menyesuaikan diri di sekolahb. Konselor meminta peserta didik untuk melihat video yang berjudul “Tips Menyesuaikan Diri DiSekolah Baru dan Lingkungan Baru agar dapat Teman”c. Konselor menjelaskan beberapa cara menyesuaikan diri di sekolah3.2. Analyze:a. Konselor mengajukan pertanyaan reflektif tentang apa makna video “Tips Menyesuaikan Diri DiSekolah Baru dan Lingkungan Baru Agar Dapat Teman”b. Konselor menanyakan apa yang harus dilakukan untuk meningkatkan menyesuaikan diri di sekolahc. Konselor mengajak siswa untuk mengikuti games “rantai nama” sekaligus menjelaskan prosedur permainand. Konselor nelaksanakan games rantai nama dengan tujuan agar siswa dapat menghafal nama-nama teman kelasnyae. Konselor menanyakan hikmah dari games yang sudah dilaksanakan.3.3. Generalization:a. Konselor membuka pertanyaan kepada siswa tentang aktivitas yang sudah dilaksanakan.b. Konselor meminta siswa untuk menyimpulkan materi yang telah disampaikan danc. Membuat rencana tindak lanjut atas kegiatan layanan ini dengan memantau perkembangan dinamika kelas
4. Penilaian
4.1. Penilaian Hasil : Understanding, Comfortable, Action4.2. Penilaian Proses : Antusiasme peserta didik dan Kesesuaian program
0 Komentar